Langsung ke konten utama

Use Case Diagram


APA ITU USE CASE DIAGRAM ?

Use Case Diagram adalah sebuah alat atau model yang sangat fungsional dalam sebuah sistem yang didalamnya menggunakan use case, aktor, dan komponen lainnya. Use Case Diagram ini merupakan bagian dalam UML.

DESKRIPSI USE CASE DIAGRAM
  1. Sebuah use case merupakan dimana sebuah sistem dapat digunakan untuk memenuhi satu atau lebih kebutuhan dari pemakai.
  2. Use case sendiri merupakan fase awal yang sangat tepat untuk setiap fase pengengmbangan sistem berbasis objek, design testing, dan dokumentasi.
  3. Use case sendiri menggambarkan kebutuhan sistem sendiri dilihat dari sudut pandang diluar sistem.
  4. Use case sendiri menentukan nilai yang diberikan sistem kepada pemakai.
  5. Use case hanya menetapkan apa seharusnya yang dikerjakan oleh sisytem, yaitu menyangkut dengan kebutuhan fungsional sistem.
  6. Use case sendiri tidak menen tukan dengan kebutuhan nonfungsional. Dimaksud dengan kebutuhan nonfungsional misal bahasa pemrograman, sasaran kerja dan lain sebagainya.
KARAKTERISTIK USE CASE DIAGRAM
  1. Use cases adalah interaksi atau dialog antara sistem dan actor, termasuk pertukaran pesan dan tindakan yang dilakukan oleh sistem.
  2. Use cases diprakarsai oleh actor dan mungkin melibatkan peran actor lain.
  3. Use cases harus menyediakan nilai minimal kepada satu actor.
  4. Use cases bisa memiliki perluasan yang mendefinisikan tindakan khusus dalam interaksi atau use case lain mungkin disisipkan.
  5. Use case class memiliki objek use case yang disebut skenario. Skenario menyatakan urutan pesan dan tindakan tunggal.

KOMPONEN USE CASE DIAGRAM

1. Use case
Use case merupakan gambaran fungsional dari suatu sistem, sehingga antara konsumen dan pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun.

2. Actors
Sebenernya Actor bukanlah bagian dari diagram, namun untuk dapat terciptanya suatu use case diagram diberikan beberapa actor dimana actor tersebut menjelaskan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat, system lain) yang berinteraksi dengan system. Sebuah actor mungkin hanya memberikan informasi inputan pada system, hanya menerima informasi dari system atau keduanya menerima dan memberi informasi pada system, actor hanya berinteraksi dengan use case tetapi tidak memiliki control atas use case. Actor digambarkan secara umum atau spesifik, dimana untuk membedakannya anda dapat menggunakan relationship.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan actor tersebut terkait dengan system antara lain :
  1. Yang berkepentingan terhadap system dimana adanya arus informasi baik yang diterima maupun yang dia inputkan ke system.
  2. Orang ataupun pihak yang akan mengelola system tersebut.
  3. External resource yang digunaka oleh system.
  4. System lain yang berinteraksi dengan system yang akan dibuat.

3. Relationship
Berikut ini adalah relasi dalam use case dan kegunaannya :
Assoclation = hubungan link antar element-element.
Generalization atau biasa disebut dengan inheritance (pewarisan), adalah sebuah elemen yang merupakan spesifikasi dari elemen lainnya
Dependency merupakan elemen tergantung dari beberapa cara kepada elemen-elemen lainnya.
Aggregation adalah bentuk asosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.

Tipe relasi/ stereotype yang mungkin terjadi pada use case diagram:
  • Include yaitu kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah use caseadalah bagian dari use case lainnya.
  • Extends adalah kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan alarm.
  • Communicates mungkin ditambahkan untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association.
Ini merupakan pilihan selama asosiasi hanya tipe relationship yang dibolehkan antara actor dan use case.


4. System boundary boxes (optional)

5. Packages (optional)


SIMBOL USE CASE DIAGRAM
 Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem:
  1. Pola perilaku perangkat lunak aplikasi.
  2. Gambaran tugas dari sebuah actor.
  3. Sistem atau “benda” yang memberikan sesuatu yang bernilai kepada actor.
  4. Apa yang dikerjakan oleh suatu perangkat lunak (*bukan bagaimana cara mengerjakannya).

(System) Use case diagram digunakan untuk menentukan:
  • (eksternal), penggunaan sistem yang disyaratkan dalam desain atau analisis (subjek) - untuk menangkap apa yang seharusnya dilakukan sistem;
  • fungsionalitas yang ditawarkan oleh subjek - sistem apa yang dapat dilakukan;
  • persyaratan subjek yang ditentukan pose pada lingkungannya - dengan menentukan bagaimana lingkungan harus berinteraksi dengan subjek sehingga dapat melakukan layanannya.



Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL PEMBUATAN GAME MENGGUNAKAN SCRATCH 2

CAT SURVIVAL GAME Hai! Para pembaca blog setia balik lagi nih di pembuatan game kedua di blog saya ini :'). Oke kali ini saya menjelaskan bagaimana cara pembuatan CAT SURVIVAL GAME . Masih menggunakan Scratch untuk pembuatanya. Langsung saja kalau begitu berikut adalah penjelasanya. 1. Bukalah aplikasi scartch terlebih dahulu. 2. Pilihlah gambar background yang kalian ingin gunakan, disini saya menggunkan background underwater 1 . 3. Selanjutnya, buatlah script untuk sprite kucing. Berikut adalah keterangannya : ketika lambang bendera di klik artinya permainan dimulai. script selamanya akan mengulang dan juga membuat 2 kemungkinan. kemungkinan yang pertama adalah jika tombol panah kanan ditekan maka objek akan bergerak pada titik koordinat X sebesar 10. dan jika objek sudah menyentuh pinggir, objek tersebut akan dipantulkan sebesar 90 derajat ke arah kanan disertai dengan perubahan kostum berikutnya. kemungkinan yang kedua adalah jika tombol panah kiri d

TUTORIAL PEMBUATAN GAME MENGGUNAKAN SCRATCH

Hai! Para Pembaca Blogger setia. Selamat Datang di Blog saya. Di sini saya akan memposting Tutorial Cara Pembuatan Game HIDE AND SEEK . Silahkan Membaca !!! 1. buka aplikasi scarcth 2. Disini saya akan membuat games Hide and Seek Game.Kita ke Backdrop Library untuk memilih background games yang akan kita buat. Disini saya pilih Space 3. sekarang kita akan membuat sprite baru, disini saya pilih Gobo. 4. klik sprite lalu masuk ke script kejadian dan pilih ketika tombol bendera diklik. 5.Lalu masuk ke script control pilih forever dan drag ke script sebelumnya. Lakukan seterusnya seperti gambar diatas. Jika bingung lihat saja berdasarkan warnanya, seperti kuning adalah kontrol, hijau adalah operator, dst. SELAMAT MENCOBA !!!