Langsung ke konten utama

Basis Data

haloooo...semuanya para pembaca blog yang sedang mencari bahan pembelajaraan untuk tugas kalian. Nah, disini dan kali ini saya akan membahas tentang BASIS DATA. buat kalian yang belum terlalu mengenal apa itu Basis Data dan keluarganya biar kenalan dulu ya, ada pepatah tak kenal maka tak sayang uchhhhh makanya ya kenalan dulu biar sayang ama Basis Datanya wkwkw ^_^.
Oke..oke apa sih Basis Data itu ? Basis Data atau yang dalam bahasa Inggrisnya adala DataBase adalah sekumpulan data yang saling terhubung antara satu dan lainnya.

udah pada tau kan apa itu basis data, sekarang kita masuk ke dalam komponen yang ada di Basis Data. Komponen Basis Data itu ada :
1. DBMS / SMBD
adalah singkatan dari DataBase Management System atau Sistem Manajemen Basis Data, yang merupakan susunan teratas dari Basis Data.
2. Database / Basis data
adalah sekumpulan data yang saling berhubungan antara 1 dengan yang lainnya.
3. File / Table
adalah suatu kesatuan data yang sejenis atau kumpulan dari beberapa record dan juga field.
4. Field
adalah atribrut dari record atau kumpulan dari karakter yang membentuk suatu arti.
5. Record
adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris atau record sendiri biasa disebut dengan unit data.
6. Byte
adalah atribut field berupa huruf yang berbentuk nilai.
7. Bit
adalah bagian terkecil dari data secara keseluruhan.

berikutnya, adalah manfaat dari Basis Data. apaa sih manfaat dari basis data.. berikut manfaatnya :
1. kecepatan dan kemudahan ( lebih mudah mencari data )
2. efisiensi ruang penyimpanan ( ruang penyimpanan lebih kecil )
3. keakuratan data ( minimnya kesalahan data atau tiingkat kesalahan yang kecil )
4. ketersediaan
5. kelengkapan
6. keamanan ( tingkat keamanan yang lebih aman )
7. kebersamaan pemakai ( semua orang bisa pakai )

nahhhh, itulah sekilas tentang komponen dan manfaat dari basis data. selanjutnya, saya akan membahas tentang Model Struktur Basis Data. Model Struktur Basis Data disini yang akan saya bahas ada Model Hirarki, Model Jaringan, dan Model Relasional. berikut penjelasannya :
1. Model Hirarki

2. Model Jaringan
3. Model Relasional

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang ERD.....
Apa itu ERD ? Menurut salah satu para ahli, Brady dan Loonam (2010), Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi, biasanya oleh System Analys dalam tahap analisis persyaratan proyek pengembangan system.

saya akan menjelaskan sedikit tentang sejarah ERD. 
  • Model E-R diperkenalkan pertama kali oleh Chen (1976) pada artikel yang membahas konstruksi utama dari model E-R  - entitas, hubungan antar entitas serta attribut-attribut yang bersesuaian dengan tiap entitas. 
  • Model yang diperkanalkan oleh Chen dikembangkan oleh Teorey, Yang, Fry (1986) serta Sytorey (1991)
  • Song Evan, Park (1995) dalam Modern Database Management menemukan 10 notasi yang berlainan untuk notasi E-R, dengan kelebihan dan kekurangan masing - masing.
Di dalam ERD tterdapat Entitas, Atribut, dan Relasi. Siapakah mereka ? Mari kita kenalan dengan mereka, kenalan muluuuu ya gk ada kepastian apa  wkwk 😂😂.
  • Entintas adalah sesuatu atau objek didunia nyata yang dapat dibedakan dengan sesuatu atau objek lainnya 
  • Atribut adalah sebuah entitas yang bersifat konseptual/abstark atau nyata hadir didunia nyata
  • Relasi adalah hubungan antara suatu himpunan entitas dengan himpunan entitas yang lainnya
 Okeeeee cukup itu saja perkenalan umum tentang ERD, selanjutnya kita akan membuat contoh kasus...
mari-mariiii kita lihat apa saja contoh kasus yang saya buat dan semoga bisa menjadi referensi buat kaliaann juga.

Contoh Kasus 1
Seseorang ingin mengirimkan surat melalui kantor pos. Di kantor pos pengirim menuju CS (customer service). Silahkan tentukan entitas, relasi, atribut, dan gambarkan diagram ERD-nya !
  • Entitas : pengirim, surat, CS (penerima)
  • Atribut : alamat, no.hp, nama, nama pengirim, nama penerima
  • Relasi : mengirim, menuju
Berikut adalah gambar ERD-nya
 
 
 
 
Contoh Kasus 2
Pada saat mendaftar menjadi Siswa Fakultas, dicatatlah nama, nomor pendaftaraan dan alamat mahasiswa. Setelah itu mereka baru bisa belajar di dalam fakultas tersebut.Di dalam 1 fakultas terdapat banyak mata pelajaran yang harus di ikuti oleh para mahasiswa. Untuk mengetahui siapa guru dari setiap mata pelajarannya, guru tersebut sudah memiliki data. Seperti, nomor guru, mata pelajaran yang diajar, dan kode guru. Satu mata pelajaran bisa diajar oleh beberapa guru. Silahkan tentukan entitas, atribut, relasi, dan gambarlah ERD-nya!.
  • Entitas : Guru, mahasiswa
  • Atribut : no.guru, mata pelajaran, kode guru, nama siswa, alamat siswa, no. pendaftraan
  • Relasi : mengajar
Berikut adalah gambar ERD-nya 



okeeeey..... cukup sekian untuk materi tentang BASIS DATA, bila ada kesempatan lain kali saya akan menambahkan lagi tentang materi BASIS DATA ini. Semoga artikel saya dapat membantu dan dapat menolong untuk bahan pembelajaraan.....🙏😅
SAMPAI KETEMU DI MATERI BERIKUTNYA !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL PEMBUATAN GAME MENGGUNAKAN SCRATCH 2

CAT SURVIVAL GAME Hai! Para pembaca blog setia balik lagi nih di pembuatan game kedua di blog saya ini :'). Oke kali ini saya menjelaskan bagaimana cara pembuatan CAT SURVIVAL GAME . Masih menggunakan Scratch untuk pembuatanya. Langsung saja kalau begitu berikut adalah penjelasanya. 1. Bukalah aplikasi scartch terlebih dahulu. 2. Pilihlah gambar background yang kalian ingin gunakan, disini saya menggunkan background underwater 1 . 3. Selanjutnya, buatlah script untuk sprite kucing. Berikut adalah keterangannya : ketika lambang bendera di klik artinya permainan dimulai. script selamanya akan mengulang dan juga membuat 2 kemungkinan. kemungkinan yang pertama adalah jika tombol panah kanan ditekan maka objek akan bergerak pada titik koordinat X sebesar 10. dan jika objek sudah menyentuh pinggir, objek tersebut akan dipantulkan sebesar 90 derajat ke arah kanan disertai dengan perubahan kostum berikutnya. kemungkinan yang kedua adalah jika tombol panah kiri d

Use Case Diagram

APA ITU USE CASE DIAGRAM ? Use Case Diagram adalah sebuah alat atau model yang sangat fungsional dalam sebuah sistem yang didalamnya menggunakan use case, aktor, dan komponen lainnya. Use Case Diagram ini merupakan bagian dalam UML. DESKRIPSI USE CASE DIAGRAM Sebuah use case merupakan dimana sebuah sistem dapat digunakan untuk memenuhi satu atau lebih kebutuhan dari pemakai. Use case sendiri merupakan fase awal yang sangat tepat untuk setiap fase pengengmbangan sistem berbasis objek, design testing, dan dokumentasi. Use case sendiri menggambarkan kebutuhan sistem sendiri dilihat dari sudut pandang diluar sistem. Use case sendiri menentukan nilai yang diberikan sistem kepada pemakai. Use case hanya menetapkan apa seharusnya yang dikerjakan oleh sisytem, yaitu menyangkut dengan kebutuhan fungsional sistem. Use case sendiri tidak menen tukan dengan kebutuhan nonfungsional. Dimaksud dengan kebutuhan nonfungsional misal bahasa pemrograman, sasaran kerja dan lain sebagainya.

TUTORIAL PEMBUATAN GAME MENGGUNAKAN SCRATCH

Hai! Para Pembaca Blogger setia. Selamat Datang di Blog saya. Di sini saya akan memposting Tutorial Cara Pembuatan Game HIDE AND SEEK . Silahkan Membaca !!! 1. buka aplikasi scarcth 2. Disini saya akan membuat games Hide and Seek Game.Kita ke Backdrop Library untuk memilih background games yang akan kita buat. Disini saya pilih Space 3. sekarang kita akan membuat sprite baru, disini saya pilih Gobo. 4. klik sprite lalu masuk ke script kejadian dan pilih ketika tombol bendera diklik. 5.Lalu masuk ke script control pilih forever dan drag ke script sebelumnya. Lakukan seterusnya seperti gambar diatas. Jika bingung lihat saja berdasarkan warnanya, seperti kuning adalah kontrol, hijau adalah operator, dst. SELAMAT MENCOBA !!!