Langsung ke konten utama

Assalamualaikum wr.wb

Disini saya akan menjelaskan tentang aplikasi berbasis android dengan integrasi web server dengan tema Ekonomi Umat.

  • IDE


Produk yang akan saya dan tim saya buat adalah MoneyBox sebuah aplikasi yang berbasis android dengan integrasi web server. Maksud dari produk atau aplikasi kami adalah agar para siswa-siswi dapat menyisihkan uang jajan mereka walaupun sedikit dengan proses yang cepat dan mudah juga aman. Walaupun hanya sedikit yang mereka tabung, tapi itu dapat membantu masa depan mereka (dalam hal financial).

  • PROBLEM


Banyak masalah/problem yang dihadapi para siswa seperti malas membawa buku tabungan walaupun buku dengan skala kecil, lupa bawa buku tabungan, hilang buku tabungannya dan untuk mengganti buku tabungan yang hilang butuh proses yang agak rumit, dan lama dalam proses pencatatan oleh pihak administrasi atau tata usaha.

  • SOLUTION


Dari beberapa aspek masalah diatas kami mempunyai solusi yang akan membantu para siswa dan pihak adminnya dalam proses tabung-menabung.

  1. Mudah = tidak perlu membawa buku tabungan
  2. Cepat = cepat dalam proses pencatatannya
  3. Aman = aman dalam hal penyimpanan datanya (database)
Fitur yang terdapat di produk/aplikasi kami tersedia notifikasi untuk sebagai pesan bahwa siswa tersebut telah menabung.

  • TARGET


Target pemasaran kami adalah siswa-siswi SMK TARUNA BHAKTI DEPOK

QnA

Dari penjelasan diatas ada beberapa review dari guru kami dan teman-teman kami, berikut reviewnya :

M. Faisal Ramadhani

  1. Maksud dari mudah apa ya ? Gak perlu bawa buku tabungan jadi hanya bawa uang saja
  2. Gak perlu input data tapi dapat notifikasi ? Solusinya adalah dengan menggunakan RV ID (future)
Idham Nuansa G

  1. Maksudnya aman gimana ya ? Aman karena disaat buku tabungan hilang data tabungan tersebut tersimpan dengan aman di database.
M. Fahriansyah

  1. Saya orang yang males nabung nah gimana tuh biar saya mau menabung ? Kami akan memberikan suggestion kepada para siswa untuk menabung dan akan diadakan workshop tentang keuntungan dari menabung kepada para siswa setiap 3 bulan sekali. Untuk proses tabung-menabung akan selalu dipantau oleh pihak administrasi.
Ian Rachman Dana

  1. Database apa yang akan digunain nanti ? SQL Server Comunity
  2. Database apa yang digunain sama sekolah sekarang ? Ms. Access
  3. Kenapa sekolah menggunakan database Ms. Access ? Karena dalam hal User Experiencenya mempermudah dan dalam hal penyimpanannya cukup besar.
Pak Puguh Rismadi (Guru PPK)
  • Disarankan untuk penggunaan databasenya menggunakan SQL Server Community. Dalam hal finansial dapat menimbulkan risiko dalam hal penyimpanan datanya (Nantinya sekolah akan menggunakan RV ID dan akan bekerja sama dengan bank untuk dalam hal financial).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL PEMBUATAN GAME MENGGUNAKAN SCRATCH 2

CAT SURVIVAL GAME Hai! Para pembaca blog setia balik lagi nih di pembuatan game kedua di blog saya ini :'). Oke kali ini saya menjelaskan bagaimana cara pembuatan CAT SURVIVAL GAME . Masih menggunakan Scratch untuk pembuatanya. Langsung saja kalau begitu berikut adalah penjelasanya. 1. Bukalah aplikasi scartch terlebih dahulu. 2. Pilihlah gambar background yang kalian ingin gunakan, disini saya menggunkan background underwater 1 . 3. Selanjutnya, buatlah script untuk sprite kucing. Berikut adalah keterangannya : ketika lambang bendera di klik artinya permainan dimulai. script selamanya akan mengulang dan juga membuat 2 kemungkinan. kemungkinan yang pertama adalah jika tombol panah kanan ditekan maka objek akan bergerak pada titik koordinat X sebesar 10. dan jika objek sudah menyentuh pinggir, objek tersebut akan dipantulkan sebesar 90 derajat ke arah kanan disertai dengan perubahan kostum berikutnya. kemungkinan yang kedua adalah jika tombol panah kiri d

Use Case Diagram

APA ITU USE CASE DIAGRAM ? Use Case Diagram adalah sebuah alat atau model yang sangat fungsional dalam sebuah sistem yang didalamnya menggunakan use case, aktor, dan komponen lainnya. Use Case Diagram ini merupakan bagian dalam UML. DESKRIPSI USE CASE DIAGRAM Sebuah use case merupakan dimana sebuah sistem dapat digunakan untuk memenuhi satu atau lebih kebutuhan dari pemakai. Use case sendiri merupakan fase awal yang sangat tepat untuk setiap fase pengengmbangan sistem berbasis objek, design testing, dan dokumentasi. Use case sendiri menggambarkan kebutuhan sistem sendiri dilihat dari sudut pandang diluar sistem. Use case sendiri menentukan nilai yang diberikan sistem kepada pemakai. Use case hanya menetapkan apa seharusnya yang dikerjakan oleh sisytem, yaitu menyangkut dengan kebutuhan fungsional sistem. Use case sendiri tidak menen tukan dengan kebutuhan nonfungsional. Dimaksud dengan kebutuhan nonfungsional misal bahasa pemrograman, sasaran kerja dan lain sebagainya.

TUTORIAL PEMBUATAN GAME MENGGUNAKAN SCRATCH

Hai! Para Pembaca Blogger setia. Selamat Datang di Blog saya. Di sini saya akan memposting Tutorial Cara Pembuatan Game HIDE AND SEEK . Silahkan Membaca !!! 1. buka aplikasi scarcth 2. Disini saya akan membuat games Hide and Seek Game.Kita ke Backdrop Library untuk memilih background games yang akan kita buat. Disini saya pilih Space 3. sekarang kita akan membuat sprite baru, disini saya pilih Gobo. 4. klik sprite lalu masuk ke script kejadian dan pilih ketika tombol bendera diklik. 5.Lalu masuk ke script control pilih forever dan drag ke script sebelumnya. Lakukan seterusnya seperti gambar diatas. Jika bingung lihat saja berdasarkan warnanya, seperti kuning adalah kontrol, hijau adalah operator, dst. SELAMAT MENCOBA !!!